“Proposal
Bisnis”
Pengantar
Bisnis
Nama : Firrli Riyanto Putra
Kelas : 1EB26
NPM : 23213523
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
Bab I
Abstrak
Ketika kita mebuka usaha kita di anjurkan
untuk mebuat proposal dari usaha yang kita lakukan itu, dikarenakan berguna
untuk bisa membuat usaha yang kita buat itu menguntungkan. Dan di sini saya
membuat contoh proposal bisnis Martabak. Yang dimana martabak ini sering kita
jumpai di pinggir-pinggir jalanan.
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang.
Dalam suatu
pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam2 aneka ragam makanan dari
yang kecil dan hingga besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam
kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti
memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan-makanan memang
sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana
dan baik dikonsumzi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewa dipandangan
masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana
dengan lebih baik dan higienis begitu juga harga terjangkau dan banyak pula
masyarakat yg berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat dan
lezat.
Oleh karena itu
saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis” untuk dijual karena untuk
mengingatkan masyarakat indonesia agar tidak lupa makanan khas
indonesia,karena ini merupakan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
1.2 Manfaat Pembuatan
Proposal
1.Mengamati
aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang harus diperhatikan sebelum memulai
usaha.
2.menambah
wawasan tentang cara memulai usaha.
3.melatih dalam
pembuatan rencana anggaran secara sistematis 4.Sebagai pedoman wirausaha untuk
tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.
1.3 Tujuan Pembuatan Proposal.
1.Meyakinkan pihak-pihak
yang akan memberikan dukungan baik keuangan maupun dokumentasi moral.
2.Sebagai
pegangan dalam menjalankan usaha /bisnis.
Bab II
Perencanaan modaL
2.1 Aspek Produksi.
Produk yg dijual
adalah Martabak Manis yang merupakan makanan selingan makanan sehari hari.
Untuk harga perporsi usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah untuk
ukuran 12cm. dalam menjalankan usaha ini kita harus
mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima
oleh semua kalangan masyarakat(konsumen).
Menentukan objek
pasar dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi
yang mudah dijangkau oleh masyarakat(konsumen) ialah Tempat yang diambil di Jln
Raya sambi kediri karena tempatnya yang cukup strategis.
2.2 Aspek Pemasaran.
Dalam melakukan
promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi
disetiap pebelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan 10% dari
harga tersebut.
2.3 Aspek Organisasi dan
Manajemen.
Untuk
usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.
2.4 Analisis SWOT.
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus
mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisi SWOT.
1.strength (kekuatan).
kekuatan dari produk ini ialah:
1.
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
2. 1 (satu)
produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
3. Bahan produk
yg terjamin sehat dan hiegienis.
2.weakness (kelemahan).
kelemahan dari produk ini
ialah:
1.Tidak dapat
tahan lama.
Saking
banyaknya orang yang memproduksi martabak persaingan semakin ketat dan ketika
membuka cabang yang baru bisa jadi kalah saingan denga cabang yang lama
sehingga tidak bisa bertahan lebih lama, karena lebih banyak biaya pengeluaran
dari pada pemasukkan yang di terima.
2.Produknya
mudah ditiru.
Sudah
banyak orang yang bisa membuat martabak karena selain bahannya mudah di dapat
dan bisa di kreasikan lebih menarik.
3.Produk tidak terjual banyak
Karena
saking banyaknya orang yang menjual martabak sehingga ketika kita enjualnya
juga akan sedikit produk yang terjual, bahkan jarang yang laku sampai habis.
3. Opportunity (peluang).
peluangnya ialah:
1.Tempat
strategis.
Salah
satu mencapai peluang nya ialah dengan cara memilih tempat yang strategis,
misalnya cari tempat yang jarang orang yang menjual produk sama seperti yang
kita jual juga.
2.Fasilitas yang
cukup memadai.
Selain
tempat yang strategis
4. threath (ancaman).
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.
2.5 Aspek Modal Usaha.
Modal dihasilkan
dari pinjaman orang tua sebesar Rp.3.000.000 dianggarkan dalam:
A. Biaya Tetap
-gerobak
=Rp.500.000
-ofen
= Rp.200.000
-mixer
=Rp 130.000
-kompor gas
=Rp.100.000
-Meja+kursi
=Rp.500.000
-piring kecil
2lusin @
13.000
=Rp. 26.000
-sendok
2lusin @
12.500
=Rp.
25.000
-garbu 2lusin
@
12.500
=Rp
25.000
-gelas plastik
1pak isi 5o
pcs
=Rp 24.000
-pisau makan
2lusin @ 13.000
=Rp 26.000 +
Rp1.556.000
B. Biaya Variabel:
-sewa
tempat
=Rp 10.000
-Listrik dan
air
=Rp 3.000
-Transportasi
=Rp 10.000
-Pembuatan
brosur
=Rp 25.000
-Piring
plastik 1lusin @
150×10
=Rp 15.000
-Kardus
40biji
@250×50
=Rp 12.500
-gas elpiji
=Rp 13.000
-sedotan 1pak
isi
50
=Rp 3.000
Bahan baku:
-telur 3kg
@
15.000×3
=Rp 45.000
-terigu
4kg @
6.000×4
=Rp
24.000
-gula pasir 2kg
@
9000×2
=Rp 18.000
-air
=-
-garam
1bngkus
=Rp 1.000
-soda kue
3 @
3000×3
=Rp 9.000
-blue band ½
kg
=Rp 6.000
-pewarna
kuning 2biji @
1000×2
=Rp 2.000
-fermipan(pengembang
soda)
2biji
=Rp 1.000
Bahan taburan:
-kacang
tanah
1kg
=Rp 14.000
-Meises ½
kg
=Rp 10.000
-keju
1biji
=Rp 6.000
-susu kental
manis 3kaleng @
8.500
=Rp 25.500
-wijen
2ons
=Rp 12.000
Bahan minum:
-kuku bima
1pak
=Rp 3.500
-es batu ukuran
plastik
2kg
=Rp 500 +
Rp 269.000
Jadi biaya variabel untuk 1bulan adalah Rp269.000×30=Rp8.070.000
C. Biaya tak terduga
=
Untuk biaya tak terduga ialah Rp.100.000
Bab III
Perencanaan keuangan
3.1 penentukan harga pokok
produk
Biaya
produksi (variabel) =HPP
Jumlah Produk
jadi
Rp.269.000 =Rp 6.725 dibagi 40= Rp 6.800
Laba yang
diinginkan =Rp6.800 x 25 ibagi 100
= Rp1700
Harga jual
=Hpp+Laba
=Rp6.800+Rp1700
=Rp8.500
3.2 analisis pendapatan:
Maka pendapatan perhari Rp8.500 x 40=Rp340.000
Maka pendapatan perbulan Rp.340.000 30=Rp10.200.000
`
3.3 analisis perencanaan laba
Analisis
pendapatan/bulan – biaya variabel/bulan
Rp10.200.000 – Rp8.070.000= Rp.2.130.000
BAB VI .
Penutup
4.1 Kesimpulan
harapan saya
untuk produk “Martabak Manis”ialah supaya produk
ini bisa lebih
Berkembang dan maju dan banyak konsumen yang meminatinya. Disamping itu,saya
mengharapkan
supaya produk
makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat
bagus dan berkualitas.
4.2 SARAN.
Demikian
proposal ini kami buat. kami menyadari masih banyak kesalahn-kesalahan yang
kami buat untuk itu kritik dan saran dari bapak/ibu sangat kami harapkan. Atas
perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
DaftarPustaka
0 komentar:
Posting Komentar